Toughest Final Ever on The Voice USA?

Sejak diumumkannya Jennifer Hudson akan bergabung bersama Blake Shelton, Adam Levine, dan Miley Cyrus untuk menjadi coach ke empat The Voice US season 13, membuat saya berekspektasi lebih di awal untuk season kali ini. Bener dong, banyak peserta favorit yang muncul di tahap Blind Audition harus menghentikan langkahnya di babak Battle Round seperti Dave Crosby, Illianna Viramontes dan Maharasyi (Maju Indonesia!). Beruntung bagi beberapa peserta lainnya yang memang pantas untuk mendapatkan steal dari coach lain, seperti :

  1. Addison Agen #TeamMiley -> #TeamAdam (Battle Round)
  2. Noah Mac #TeamBlake -> #TeamJennifer (Battle Round)
  3. Chloe Kohanski #TeamMiley -> #TeamBlake (Knockout Round)
  4. Hannah Mrozak #TeamAdam -> #TeamJennifer (Knockout Round)

Bahkan beberapa dari mereka bisa lolos ke tahap TOP 12 hingga TOP 3. Penampilan-penampilan stand out para finalist selama empat minggu terakhir membuat para penonton pun bingung dalam memilih dan membeli lagu-lagu mereka di iTunes. Noah Mac #TeamJennifer dengan “In The Air Tonight” dan “River”, Chloe Cohanski #TeamBlake “Time After Time” dan “Total Eclipse of The Heart” mampu memberi suara baru untuk ajang ini. Selain itu power house vocalist Brooke Simpson #TeamMiley selalu tampil maksimal yang mampu memberikan warna berbeda dari lagu-lagu yang dibawakannya seperti “Amazing Grace” dan “Faithfully”. Bahkan salah satu dark house season ini Addison Agen #TeamAdam mampu membuat lagu-lagunya serasa bukan karya penyanyi lain hingga mampu menembus chart top 10 iTunes di setiap minggunya, “She Used To Be Mine”, “A Case of You”, “Lucky”, “Both Sides, Now”. Ada juga Keisha Rene #TeamBlake “black woman” yang lebih memilih menyanyi di genre country yang ga boleh dianggap remeh. Lagu “All By Myself” dan “What Hurt The Most” berhasil ditaklukannya dengan sempurna. Selain mereka yang ku sebut, ada juga para finalis yang ga kalah keren namun memang udah typical finalis yang bakal jadi pesaing yang cukup kompetitif menuju final. Davon Fleming (Diva-Man) #TeamJennifer, Red Marlow (Country Cowboy) #TeamBlake, Adam Cunningham (Country Rockstar) #TeamAdam.

Dari delapan finalis yang tersisa terpilihlah tiga finalis yang berhak tampil di final, mewakili tiga coach yang berbeda. #TeamAdam Addison Agen, #TeamMiley Brooke Simpson, dan #TeamBlake Chloe Kohanski. Noah Mac #TeamJennifer pun harus berjuang demi mendapatkan #InstantSave from America melawan Red Marlow #TeamBlake dan Adam Cunningham #TeamAdam. Amerika pun memilih Red untuk bergabung dengan ketiga finalis lainnya di babak final. Pada season-season sebelumnya mungkin kita selalu bisa menebak siapa yang akan menjadi pemenangnya dilihat dari penampilan setiap minggu dan hasil penjualan iTunes yang dijadikan nilai tambah untuk masing-masing finalis. Tapi bagi Red, Brooke, Addison, dan Chloe, it can be anyone’s game!

Malam Final pun semakin pecah akibat penampilan mereka semua, masing-masing original song mereka pun berhasil memuaskan para penggemar mereka. “Tennessee Rain”, sebuah lagu bertempo ballad yang cukup emosional ini mampu menonjolkan karakter vokal Addison yang kental dan jarang dimiliki gadis berusia 16 tahun. “Wish I Didn’t Love You” yang ditulis sendiri oleh Chloe Cohanski berhasil membawa kegalauan dan rasa kekecewaan dalam menjalin sebuah hubungan, ditambah lagi her husky voice is so GOOD!. Serasa tak mau mengalah, Red Marlow dengan lagu “I Pray” berhasil menggoyahkan persaingan chart iTunes. Tak heran apabila artis-artis seperti Red ini pasti selalu mendapatkan tempat bagi penikmat musik country di Amerika. Last but not least, Brooke Simpson tampil dengan lagu “What Is Beautiful” yang sangat cocok jadi winning anthem buat Brooke and she’s just being great story teller with this song. So, Who do you think the winner is? It’s pretty tough, right?

 

Leave a Reply