Fenomena Kodaline Tampil di Jalanan Jakarta

15 Desember lalu melalui kanal YouTube resmi, Kodaline sebuah grup musik asal Irlandia merilis sebuah video klip lagu “Ready to Change” dari EP terbaru mereka “I Wouldn’t Be”. Selain menyajikan lagu ini secara akustik, hal lain yang membuat video klip ini begitu spesial adalah latar pengambilan video yang mana diambil di salah satu sudut kota Jakarta. Petikan gitar Mark Prendergast dan senandung vokal Steve Garrigan di depan Vihara Dharma Sakti, Jakarta Barat mengawali penampilan jalanan mereka kali ini yang kemudian berlanjut menyusuri sepanjang Jl Kemenangan. Di sepanjang jalan, masih terdengar beberapa noise dari motor yang berlalu lalang, aktivitas pasar, dan bahkan celotehan para warga saat penampilan berlangsung.

Mungkin bagi sebagian netizen akan merasa malu dengan kondisi ini, melihat video klip sebelumnya yang dirilis mengambil jalanan Polandia yang terkesan lebih keren dan modern. Netizen pun ada yang mencoba membandingkan usaha Kodaline ini dengan band/musisi tanah air yang lebih memilih luar negeri sebagai latar video musik mereka. Ada juga yang merasa malu dengan keadaan latar video ini, dan saya yakin buat mereka yang malu pasti belum pernah ke pasar tradisional pagi2. Bahkan ada netizen yang berharap hadir serta bernyanyi bersama saat penampilan berlangsung dan heran mengapa di situ ga ada yang tau Kodaline :o.

Namun menurutku dengan mengambil pasar tradisional sebagai latar, lebih menunjukkan kesan jujur dan otentik. Hal ini juga sangat cocok apabila dikaitkan dengan pesan yang ingin ditampilkan di lagu “Ready to Change” ini. Apalagi video ini diambil di pertengahan bulan Agustus yang semakin menunjukkan bahwa kita siap untuk melakukan perubahan, terlihat dengan atribut hiasan bendera merah putih yang membentang di sepanjang jalan.

Ini bukan kali pertama Kodaline tampil live di jalanan seperti ini, sebelumnya di bulan Juli lalu mereka merilis video klip untuk lagu “Brother” di Warsaw, Poland. Bahkan di tahun 2013, Kodaline bekerja sama dengan La Blogotheque untuk membuat sebuah live performance yang bertajuk “A Take Away Show” dengan latar jalanan kota Paris dari beberapa lagu mereka seperti “High Hopes“, “All I Want” dan “Perfect World” yang ada di album “In a Perfect World”.

Leave a Reply